Post Top Ad

Post Top Ad

Post Top Ad

Beauty

Recent

About Us

Tuesday, September 27, 2016

Sajak Dalam Sepi



Source image : kompasiana.com
          Kesendirian adalah hal yang paling dekat dengan kehidupan setiap manusia. Al-reader mungkin tidak percaya bahwa kesendirian sangat dekat tempatnya dengan hati. Banyak orang yang tidak bisa hidup dalam kesendiriannya sehingga tersesat dalam kesepian. Hal inilah yang membedakan antara kesendirian dan kesepian.

          Dan masih banyak orang di luar sana yang menganggap hidup dalam kesendirian merupakan sebuah masalah. Padahal kita semua sudah tahu dari penjelasan singkat di atas bahwa kesendirian dan kesepian itu merupakan dua hal yang berbeda. Kesendirian adalah tempat dimana anda bisa merasakan segala sesuatunya secara jujur, sedangkan kesepian adalah tersesatnya hati dalam kesendirian. Jadi, Al tegaskan kesendirian dan kesepian itu adalah hal yang berbeda.

                                                           Source image : digaleri.com
          Memang sangat diperlukan kebaikan hati agar kita tidak tersesat dalam kesendirian. Semakin baik hati seseorang menandakan bahwa ia akan lebih mudah membaca tanda-tanda, sebaliknya semakin buruk hati seseorang menandakan bahwa ia akan semakin sulit membaca tanda-tanda. Dan inilah yang menentukan orang tersebut akan tersesat ataupun tidak dalam kesendiriannya.

          Untuk lebih jelasnya Al akan menerangkangnya sedikit. Kesendirian adalah tempat dimana kita bisa merasakan, memikirkan, mengatakan dan melakukan segala sesuatunya secara jujur dari dalam hati. Di dalam kesendirian itu kita bisa melakukan segala hal tanpa dilihat oleh orang lain. Dan di dalam kesendirian itulah kita melakukannya secara sangat jujur karena hanya Allah yang memerhatikan. Sehingga dalam kesendirian itu kita benar-benar menjadi diri sendiri. Untuk bisa menilai seseorang jujur atau tidak maka nilailah saat ia sendiri karena ketika berada di depan banyak orang masih banyak ‘kebohongan’ yang dilakukannya.

          Selanjutnya apa yang disebut dengan kesepian? Telah disinggung di atas bahwa kesepian itu adalah kondisi dimana seseorang tersesat di dalam kesendiriannya. Dan ini banyak sekali kasusnya yang dialami oleh anak muda dan remaja zaman sekarang. Kesepian adalah dimana seseorang tidak bisa membaca tanda-tanda yang ada sehingga ia akan merasa sendiri dan tersesat dalam kesendiriannya. Dan kesepian ini bersifat negatif dibandingkan dengan kesendirian. Kesepian bisa membuat hati seseorang terasa hampa sehingga apapun yang ia lakukan juga akan terasa hampa dan kosong.

          Dan untuk menyikapi hal tersebut tentunya kita perlu mengendalikan diri agar tidak tersesat dalam kesendirian. Pahamilah tanda-tanda yang ada dan tetaplah bersikap jujur terutama saat kita sendiri. Kita bisa menjadi orang yang bijak ketika kita bisa mengendalikan kesendirian. Di dalam kesendirian kita menjadi pribadi dan individu yang berserah kepada Tuhan. Kita mengetahui bahwa dalam kesendirian itu memang tidak ada orang lain yang mengetahuinya, tetapi orang yang bijak selalu lebih berhati-hati saat sendiri karena pada saat itulah hanya Tuhan yang memerhatikannya. Jadi, orang bijak adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya ketika sendiri.

Source image : hipwee.com
          Daripada terlalu panjang, langsung saja di bawah ini adalah puisi yang Al ambil dari lirik lagu penutup anime Angel Beats (Baca disini). Temanya adalah tentang kesendirian. Al tidak akan menjelaskan secara detail seperti biasanya karena Al ingin kepada Al-reader semua bisa memahami kesendiriannya sendiri. Al berharap kepada Al-reader untuk bisa mendalami tentang kesendiriannya menggunakan ‘bahasa’ yang Al-reader sendiri tahu. Tanpa adanya intimidasi-intimidasi dari Al. Itulah mengapa Al tidak menjelaskannya secara panjang lebar seperti biasanya.

          Semoga puisi ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi kepada kita semua agar selalu kuat menghadapi setiap rintangan yang mengahadang. Aamiin.

Source image : bisfren.com

Dalam Sepi
Fahd Al Fauzi

Selalu saja kuberjalan sendiri dalam sepi
Saat kulihat sekitar, semuanya menjauh pergi
Walau begitu, kutetap melangkah maju
Dan kuakan tetap kuat
Ketakutanku t’lah lenyap
Itulah kata-kataku pada diriku
Suatu hari semua orang ‘kan sendiri dalam sepi
Dan hanya ‘kan hidup dalam kenangan
Sehingga kudapat mencintai dan tertawa dalam sepi
Kuterus berjuang kuatkan hati
Dan air mata ini tak ‘kan kutunjukkan padamu lagi

Banyumas, 7 September 2016

No comments:

Post a Comment